Sabtu, 06 Desember 2008

Formula 1 musim 2005

Masih ingatkah anda dengan musim balap Formula 1 tahun 2005 ??
Apakah yang anda temukan ?? lebih baik dari tahun 2004 ?? atau lebih buruk ??

Bagi saya musim 2005 itu :

1. Ban Adalah sesuatu yang sangat berharga dalam balapan.

Mungkin banyak yang bertanya kenapa ???, baiklah . sebenarnya mengapa saya katakan ban sangat berharga adalah karena regulasi dari FIA yang mengatur bahwa untuk Kualifikasi dan balap hanya diperbolehkan menggunakan satu set ban saja.
Dan mungkin ada juga yang bertanya kalau bannya hancur/ bocor bagaimana??
setelah saya perhatikan di setiap balapan F1 musim 2005 ,setiap ada kerusakan pada ban tim boleh menggantinya dengan catatan "hanya mengganti ban yang rusak saja". jadi misalnya yang rusak ban kiri depan jadi yang diganti ya cuma ban kiri depan saja, yang lainnya tidak.

3=D,/br>
Indianapolis 2005


3=D

Grid Indianapolis 2005


Tahukah anda dengan insiden GP Indianapolis 2005 ??. Dalam GP Amerika serikat tahun itu terjadi sebuah kontroversi mengenai paket ban yang dibawa oleh Michelin . karena pada saat free practice pembalap Toyota Ralf Schumacher mengalami kecelakaan akibat ban. Lalu pihak Michelin menemukan bahwa semua ban yang Michelin untuk GP Indianapolis kondisinya sama dengan ban Ralf Schumacher yang bermasalah. Akhirnya setelah diskusi panjang (18 dari 20 pembalap setuju untuk menggunakan Chicane tambahan pada tikungan yang rawan kecelakaan) FIA tetap ngotot bahwa tidak ada penambahan Chicane . dan..... akhirnya GP Indianapoli tetap dilaksanakan tetapi hanya diikuti oleh tim pengguna ban bridgestone saja (hanya 6 pembalap dari 3 tim )

2. Berakhirnya kedigdayaan Seorang Michael Schumacher

Siapa yang meragukan prestasi seorang Michael Schumacher tahun 2004 ??. (kalau anda ragu saya sarankan anda untuk segera mengeceknya di situs formula1.com) Sebagaimana kita tahu bahwa tahun 2004 bisa disebutkan bahwa Ferrari(khususnya Michael) mendominasi Sebagian besar balapan. Tetapi pada tahun 2005 semuanya berubah 180 derajat. dari yang memenangi 15 balapan pada tahun 2004 menjadi hanya satu kemenangan tahun 2005 (itu pun di GP Indianapolis). Sebenarnya Mobil Ferrari tahun itu (f2005) cukup kencang. tetapi permasalahnnya ada pada ban yang digunakan tim Ferrari yaitu Bridgestone. Fakta membuktikan bahwa ban Bridgestone kurang kompetitif dibandingkan dengan Michelin pada pemakaian jangka panjang. Sehingga tim Ferrari kesulitan untuk menemukan setingan yang terbaik .sehingga tak heran jika Schumy gagal mempertahankan gelar juara dunianya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar